Realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi
Tampaknya ada yang perlu diperbaiki dari definisi diatas, karena komputer bukan satu-satunya wadah bagi realitas maya. Handset sekarang sudah menjadi hal umum untuk mengakses dunia maya, bahkan dengan tersedianya blackberry dengan imejnya yang always connected.
Melihat behavoiur yang terjadi belakangan di lingkungan sekitar, realitas maya bahkan bisa dikatakan versi teknologi dari teman khayalan. Teman khayalan adalah istilah dalam psikologi yang mengartikan adanya seseorang yang hanya terlihat oleh satu orang dan tidak terlihat oleh orang lain. Oleh karena itu, ia disebut teman khayalan. Kondisi ini biasanya dialami pada masa kanak-kanak. Dengan adanya fasilitas realitas maya ditambah lagi perkembangan teknologi handset yang begitu pesatnya, kita bisa mendapatkan teman dimanapun kapanpun tanpa perlu mengeluarkan effort yang begitu besar. Facebook adalah satu contoh yang dapat memanfaatkan celah kelemahan manusia yang ternyata membutuhkan "teman khayalan" di seluruh masa hidupnya, hingga menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Pada awalnya, beberapa teman hanya memanfaatkan games-games bagus yang disediakan aplikasi tersebut untuk kemudian bersaing dalam poin. Kemudian berkembang menjadi jalinan pertemanan via internet yang lebih intensif, fungsi update status menjadi salah satu yang paling digemari saat ini.
Semua itu berpangkal pada kondisi fitrah manusia yang membutuhkan teman. Ingat tamagotchi (A small electronic virtual pet)? games ini dulu begitu populer pada tahun 90an. Kurang lebih sama, menjadi teman dimanapun kapanpun.
Teknologi canggih tidak akan jauh jauh dari fitrah manusia. Jika ingin menghasilkan keuntungan yang besar, cukup berfikir sederhana dan memanfaatkan teknologi yang ada. Realitas maya akan selalu mendukung Anda untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar2xnya. Hanya menunggu untuk dimanfaatkan.
(source for definition: wikipedia)
Tampaknya ada yang perlu diperbaiki dari definisi diatas, karena komputer bukan satu-satunya wadah bagi realitas maya. Handset sekarang sudah menjadi hal umum untuk mengakses dunia maya, bahkan dengan tersedianya blackberry dengan imejnya yang always connected.
Melihat behavoiur yang terjadi belakangan di lingkungan sekitar, realitas maya bahkan bisa dikatakan versi teknologi dari teman khayalan. Teman khayalan adalah istilah dalam psikologi yang mengartikan adanya seseorang yang hanya terlihat oleh satu orang dan tidak terlihat oleh orang lain. Oleh karena itu, ia disebut teman khayalan. Kondisi ini biasanya dialami pada masa kanak-kanak. Dengan adanya fasilitas realitas maya ditambah lagi perkembangan teknologi handset yang begitu pesatnya, kita bisa mendapatkan teman dimanapun kapanpun tanpa perlu mengeluarkan effort yang begitu besar. Facebook adalah satu contoh yang dapat memanfaatkan celah kelemahan manusia yang ternyata membutuhkan "teman khayalan" di seluruh masa hidupnya, hingga menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Pada awalnya, beberapa teman hanya memanfaatkan games-games bagus yang disediakan aplikasi tersebut untuk kemudian bersaing dalam poin. Kemudian berkembang menjadi jalinan pertemanan via internet yang lebih intensif, fungsi update status menjadi salah satu yang paling digemari saat ini.
Sebutlah contoh lain lagi, Yahoo Messenger ataupun Plurk (yang sekarang terkoneksi juga dengan Facebook), membuat dunia semakin kecil, teman bisa diperoleh kapanpun dimanapun.
Semua itu berpangkal pada kondisi fitrah manusia yang membutuhkan teman. Ingat tamagotchi (A small electronic virtual pet)? games ini dulu begitu populer pada tahun 90an. Kurang lebih sama, menjadi teman dimanapun kapanpun.
Teknologi canggih tidak akan jauh jauh dari fitrah manusia. Jika ingin menghasilkan keuntungan yang besar, cukup berfikir sederhana dan memanfaatkan teknologi yang ada. Realitas maya akan selalu mendukung Anda untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar2xnya. Hanya menunggu untuk dimanfaatkan.
(source for definition: wikipedia)
7 comments:
tumben ni...tulisannya bagus....hehehe
*beneran lo, bagus
makasih makasih ..
*perasaan g bagus2x amat, biasa aja ah. Sampe ditegesin "beneran lo" merasa ya, agak2x kurang dipercaya pernyataannya, he3x.
Analisis cerdas ulya..
Pingn komen panjang ttg ini..
Tp nnti :p
Facebook, ym dan sebagainya bisa memberikan kesan yang berbeda bagi tiap orang.
Bagi beberapa orang facebook mungkin bisa berguna untuk berinteraksi, mencari teman, bahkan untuk mencari jodoh :D.
Bagi sebagian lagi akan menganggap bahwa facebook itu sungguh menyia-nyiakan waktu. berapa jumlah waktu yang digunakan hanya untuk melihat-lihat profile orang, foto, atau mengawasi perubahan status facebook, kemudian berpikir tentang apa yang harus dikomen.. satu jam kiranya dalam sehari bisa dihabiskan untuk online di facebook.
kadang juga karena ym kita sering jadi mengabaikan orang sekitar. kita lebih asyik chat dibandingkan berinteraksi dengan orang sekitar. padahal itulah sebenar-benarnya persahabatan, berinteraksi sosial di dunia nyata.
realitas-maya lainnya yakni orang bisa jadi pribadi yang berbeda di dunia maya. orang pendiam bisa menjadi aktif di dunia maya. orang pemalu bisa menjadi blak-blakan di dunia maya. dan bila tiba saatnya mereka kopi-darat mereka kembali menjadi pribadi sebenarnya. pendiam dan pemalu..
(I AM A NEWBIE, so please don't trust every single word that I wrote here)
*tulisan de ul memang bagus, gaya bahasanya.
mana komen panjangnya?
terimakasih2x.. atas semua pujiannya, padahal.. serius.. biasa banget. Belum melakukan research mendalam tentang ini.
Asw
Bagus bgt artikelnya -ikut2an aja-
yah lumayan lah...
tetap produktif menulis, dan saya ttp produktif membaca :D
Wasw
yup, manusia merupakan makluk sosial, dan itu bisa terjadi di dunia nyata maupun dunia maya :). tetapi kelebihannya di dunia maya kita bisa berinterksi dengan teman lama yang jauh, teman waktu kecil, teman sd,smp,sma, dan kita bisa mengingat waktu teman2 itu berada di dunia nyata, sehingga ada keterhubungan kembali. kadang kita lupa nama,lupa wajah, dengan adanya komunikasi data di dunia internet ini, bisa diingatkan kembali. Intinya positifnya kita bisa mempererat Silaturahim seperti yg diajarkan Rosul, dan mendapatkan ilmu dari share cerita dari teman-teman.Oya terakhir media itu bersifat netral, tergantung kita pemakainya mau diapakan, digunakan untuk hal positif atau negatif. Mudah2an kita selalu dalam bimbingan-Nya.amiin.
Post a Comment